Senin, 24 Agustus 2015

Lilin Kecil

Engkau Lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau mengganti
Sanggupkah kau memberi
Seberkas cahaya
Engkau lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau berpijar
Sanggupkah kau menyengat
Seisi dunia....

Sepenggal syair lagu chrisye, yg sepertinya memiliki makna yg dalam.
Cuma menebak dan menerka mungkin waktu bikin lagu penciptanya  lg merasa gelap shg membutuhkan sedikit sinar agar hidup bisa bercahaya atau mungkin penciptanya pengen kehidupanya bisa lebih berarti dengan bisa memberi paling tidak setitik cahaya bagi orang lain.
Dulu sering membaca ttg inspirasi memakai kiasan bagaimana kita harus menjadi lilin yg bisa menerangi kehidupan orang lain. 
Lilin kalo lagi mati lampu , tentunya sangat bermanfaat sekali.
Dulu saya tidak masalah istilah lilin tp karena belajar dari pengalaman maka tidak perlu sampai habis dan  menghancurkan diri utk bisa memberikan cahaya bgi orang lain.
Akhirnya saya juga mengkaitkan dgn  sifat lilin yg bisa habis dan hancur maka saya gak suka memakai istilah lilin.
Karena kalau kita ingin bisa katakan lah menerangi atau membantu mereka , yang harus kita ingat jangan sampai melukai atau menghancurkan diri sendiri dan bahkan membuat kita menjadi gelap, sampai habis2an bikin hati dan jiwa hancur remuk berdarah2 Perlu hikmat, pemahaman dan tentunya belajar dri pengalaman agar cahaya kita tidak menjadi habis , dan kita pun mjd gelap.
Jadi saya sih lebih senang jadi lampu aja karena ia bergantung pada sumber energi listrik , yg dalam hal ini adalah Tuhan yg memberikan kita sumber daya baru setiap hari. Kalau jadi lampu , kita bisa menerangi lebih terang, bergantung sumber daya yg tidak pernah habis yi Tuhan dan yg pasti gak habis habisan sampai hancur lebur dan menjadi gelap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar