Minggu, 11 November 2012

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Menjadi Wirausaha Mandiri

Wirausaha Muda Mandiri
Apakah anda jenuh dengan rutinitas pekerjaan seorang karyawan kantor? Menjadi pekerja kantoran, kita memiliki jam kerja kantor tertentu yaitu 9 jam dalam satu hari dengan jumlah pendapatan yang dihasilkan biasanya relatif sama setiap bulannya. Tak jarang juga , banyak diantara kita bekerja di luar minat dan keinginan mereka ataupun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan  karena sulitnya mencari pekerjaan yang mereka inginkan saat ini. Terkadang kita juga  terjebak dalam rutinitas kantor dan menjadi tidak  bisa berkembang, padahal kita mungkin bisa lebih lagi mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita.  Paling tidak hal itulah yang saya rasakan sebagai seorang pekerja kantoran. Hal tersebut membuat saya ingin bisa mempunyai usaha sendiri dan bisa melakukan wira usaha.

Untuk menjadi seorang wirausaha tidak pernah terpikirkan sebelumnya di dalam benak saya. Setelah lulus kuliah saya bekerja kantoran dan setelah sekian lama bekerja tentunya saya mengalami kejenuhan dan juga ketidak puasan didalam pencapaian. Sebagai seorang karyawati  saya terikat dengan jam kantor dan banyak keterbatasan lain yang membuat saya merasa tidak bisa mengembangkan semaksimal mungkin potensi yang ada di dalam diri saya. Saat itulah saya kemudian mencoba merintis untuk bisa melakukan wira usaha. Modal merupakan kendala utama saya dan juga keberanian untuk siap terhadap resiko yang mungkin terjadi.. Kemudian saya memberanikan diri untuk memulainya usaha yang menurut saya  beresiko dan bermodal  kecil dan sekaligus juga menjadi sarana belajar  bagi saya untuk memulai usaha nanti dengan  merintis bisnis online disela-sela pekerjaan tetap, terinspirasi dari semakin maraknya pemakaian internet dan juga telepon pintar (smart phone).

Ternyata  melakukan bisnis online juga bukanlah hal yang mudah banyak kendala yang saya hadapi mulai dari menanamkan kepercayaan kepada calon pembeli, mencari produk yang ditawarkan yang bisa bernilai jual dan juga bagaimana saya harus menawarkan dan menyajikan produk saya, mencari pembeli dan  berbagai kendala lainnya. Usaha saya masih baru dan saya masih harus terus belajar dan berusaha  untuk mencari inovasi-inovasi untuk membuat usaha saya tetap terus bertahan dan bisa berkembang lebih baik lagi ditengah kesulitan dan hambatan yang harus dihadapi. Disamping kesulitan dan hambatan tersebut dari usaha online ini saya bisa merasakan kenyamanan dan kemandirian dalam mengatur strategi dalam usaha saya dan tambahan dalam penghasilan.

Dalam rangka ulang tahun Bank Mandiri mengadakan lomba menulis yang bertemakan inovasi untuk Indonesia Mandiri. Sayapun tertarik untuk ikut dalam lomba ini sekaligus juga terinspirasi dari program  Bank Mandiri yaitu program wira usaha mandiri yang ternyata sudah diadakan sejak tahun 2007.  Program wira usaha mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Pelaksanaan program ini dilatar belakangi oleh keprihatinan terhadap besarnya jumlah pengangguran. Sayapun juga pernah merasakan betapa sulitnya untuk mendapat pekerjaan yang saya inginkan dan sayangnya saya saat itu belum mendapat akses informasi yang tepat tentang kewirausahaan tersebut sehingga saya hanya terfokus untuk mencari pekerjaan saja.

Pemilihan mahasiswa sebagai target dari program wira usaha mandiri dari Bank Mandiri ini  adalah sangat tepat karena secara dini mempersiapkan dan  menanamkan pola pikir yang tepat tentang kewirausahaan  dan memberi pelatihan serta aplikasi nyata dari wira usaha tersebut dapat membuat mahasiswa menjadi tidak terfokus mencari pekerjaan saja setelah tamat kuliah dan bisa mencoba alternatif lain dan mereka juga dapat lebih mengembangkan kreatifitas mereka yaitu dengan membuka usaha bahkan menciptakan lapangan kerja baru. Dan bahkan mereka dapat memulai usaha kecil-kecilan sejak dari bangku kuliah untuk dapat melatih mental mereka menjadi seorang wirausaha yang mandiri kelak.

Tapi untuk saya yang sudah tidak duduk dibangku kuliah lagi dan juga masyarakat umum lainnya tentunya kesempatan itu masih terbuka asalkan ada kemauan dan usaha. Untuk itu saya  juga berharap Bank Mandiri dapat juga memberikan workshop, pelatihan dan seminar untuk umum dan bukan hanya mahasiswa saja tetapi kepada kami para karyawan dan karyawati dan masyarakat umum lainya yang ingin menjadi seorang wira usaha sehingga kamipun dapat belajar dan mendapat informasi yang benar dan tepat tentang kewirausahaan serta dapat terinspirasi dari para wirausahawan yang telah berhasil sehingga kamipun dapat tertular semangat, kerja keras, kreatifitas, ketangguhan dan kesuksesan mereka.
 
Membuka usaha dengan menjadi seorang wirausaha adalah pilihan sekaligus solusi yang tepat bagi kita yang ingin bisa  memiliki kebebasan dan mandiri dalam mengatur pekerjaaan kita, mandiri  dalam mengembangkan potensi dan kreatifitas kita sekaligus mandiri dalam  penghasilan yang diperoleh dan juga menjadi mandiri dalam hal mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Dan dengan semakin banyaknya wirausahawan akan lebih banyak lagi tercipta lapangan kerja baru yang otomatis dapat mengurangi jumlah pengangguran dan juga membuat tingkat kesejahteraan rakyat akan semakin lebih baik.

Tak ada kata terlambat untuk meraih apa yang menjadi mimpi kita, walaupun saya masih baru dan masih banyak belajar dan harus tetap berusaha dan bekerja keras untuk bisa mewujudkan bisnis online saya menjadi sebuah usaha yang mapan dan mandiri namun saya tetap optimis karena seperti para Wirausahawan Muda mandiri yang telah sukses sayapun bisa asal saya tidak menyerah tetap berusaha keras dan tentunya berdoa "Ora Et labora".

"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.“










3 komentar:

  1. terima kasih tulisannya panjang dan bermanfaat..
    semoga yang nulis dapat apa yang ingin didapatkan..
    sya bantu sebarkan..
    jazakumulloh....

    SEO Backlink
    SEO blogspot
    SEO Infographic
    SEO Keyword
    SEO Off page
    SEO On page
    Template blogspot

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya
    Mari kita mandiri dan menjadi wirausaha yang mandiri

    Salam wirausaha

    BalasHapus