Senin, 03 Desember 2012

Program Wira Usaha Untuk Kaum Difabel





Tak ada manusia yang terlahir sempurna, walaupun kita terlahir secara lengkap dengan semua organ tubuh yang berfungsi dengan baik, kitapun pasti memiliki kekurangan. Demikian juga dengan mereka yang terlahir tidak lengkap dan memiliki salah satu organ tubuh yang tidak dapat berfungsi dengan baik tetap memiliki kelebihan masing-masing.  Difabel berasal dari istilah different ability yang kini digunakan untuk menggantikan kata cacat yang berkonotasi negatif menjadi berkebutuhan khusus. Difabel ini baik yang terjadi sejak lahir ataupun karena kecelakaan dan akibat mengidap suatu penyakit tertentu. Tak seorangpun yang menginginkan terlahir cacat/difabel ataupun menjadi cacat/ difabel karena kecelakaan ataupun karena mengidap penyakit tertentu. Tetapi ketika hal itu sudah terjadi tentu sikap dan tindakan yang tepat untuk mengatasinya sangatlah diperlukan.

Walaupun Indonesia memiliki UU no 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat namun dalam pelaksanaanya masih banyak yang belum terealisasi. Paling tidak inilah yang diserukan oleh sebagian kaum difabel dalam rangka memperingati hari difabel internasinal pada tanggal 3 Desember lalu dengan cara melepaskan burung sebagai simbol kekebasan dan kesamaan hak (kompas.com). Masih adanya  kaum difabel yang merasa terdiskriminasi baik dibidang pendidikan  pendidikan, penyediaan sarana publik maupun dalam mencari pekerjaan. Seperti dalam berita VOA Indonesia masih banyak kaum difabel merasa mengalami diskriminasi dalam mencari pekerjaan karena banyak perusahaan yang menolak mereka.


Hal tersebut sangat disesalkan karena mereka seharusnya diberi kesempatan yang sama dengan kita yang bukan difabel. Mereka harus mendapat dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah dengan memberikan peraturan tentang  harus adanya kuota kaum difabel di setiap perusahaan dan juga perusahaan wajib memberikan pelatihan kepada mereka agar mereka dapat mengembangkan potensi dan keahlian mereka dengan baik seperti yang dilakukan oleh sebuah restoran di Gaza Palestina yang memperkerjakan staf tuna rungu(VOA Indonesia).

Akan tetapi menurut pendapat saya kaum difabel bukan hanya diberi kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan tetapi di dorong untuk menjadi wira usaha karena lapangan kerja yang tersedia tentunya belum tentu dapat menampung semua kaum difabel yang membutuhkan pekerjaan. Menurut pendapat saya ada 2 hal yang menjadi dasar pertimbangan wirausaha bagi kaum di fabel ini yaitu:
1. Saat ini mencari pekerjaan juga sulit, walaupun mereka mendapat kuota, mereka juga masih harus berkompetisi dengan difabel lainnya untuk mendapat pekerjaan yang terbatas itu dan kesulitan itu juga dialami oleh orang yang tidak difabel. Lapangan kerja yang tersedia belum tentu dapat menyerap semua kaum difabel yang membutuhkan pekerjaan. Disamping itu juga masih banyak perusahaan yang belum mempekerjakan kaum difabel di perusahaan mereka. Walaupun Pemerintah sudah berusaha menjembatani antara kaum difabel dan perusahaan tetapi masih belum efektif contohnya di Bandung baru 5 Hotel yang mempekerjakan kaum difabel. Menurut data di tahun 2011 untuk wilayah Solo lebih kurang 85% kaum difabel yang tidak mempunyai pekerjaan dan kerja serabutan (wartapedia.com) dan 60% pesrsen dari mereka sudah berkeluarga sehingga mereka sangat membutuhkan pekerjaan atau usaha yang dapat menopang hidup mereka sehari-hari. dan menurut aliansi RBM ( Rehabilitasi bersumberdaya masyarakat) pada tahun 2011 terdapat 35,7 juta jiwa kaum difabel ( untuk semua jenis di fabel) di Indonesia.
2. kemampuan dan potensi yang mereka miliki tidak sesuai dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.   Tiap-tiap difabel pasti memiliki memampuan dan keahlian serta minat yang berbeda-beda dan tidak semuanya minat atau cocok untuk bekerja mungkin lebih minat dan cocok dalam berwirausaha diberbagai bidang sesuai dengan minat dan keterampilan serta keahlian mereka. Dengan berwirausaha justru akan lebih mendorong kreatifitas mereka dan juga mereka lebih leluasa dalam pengaturan waktu kerja dan cara kerja mereka sendiri dan tidak terikat dan tergantung pada tempat mereka bekerja.

Wirausaha menjadi pilihan yang tepat buat kaum difabel, dan tidak melulu tergantung pada lapangan kerja yang ada. Untuk itu Pemerintah harus bisa memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana termasuk pelatihan ketrampilan, seminar dan juga pelatihan wirausaha termasuk adanya pinjaman lunak untuk modal usaha mereka. Seperti program wira usaha muda mandiri yang didukung oleh bank Mandiri yang ditujukan untuk para pemuda-pemudi dari sejak bangku kuliah dibina dan didorong  untuk bisa menjadi wirausahawan muda dengan memberikan pelatihan dan seminar juga aplikasi nyata dari kewirausahaan, maka untuk kaum difabel ini juga perlu didukung program sejenis itu. Tentunya setiap kaum difabel juga  mempunyai potensi dan minat yang bisa digali dan dikembangkan bila mereka mendapat pelatihan, seminar dan  bimbingan serupa. Dengan adanya program terpadu  mereka tentunya dapat terus dibina sehingga mereka mampu untuk menbuka usaha sendiri., ataupun membentuk usaha kelompok yang kesemuanya tergantung dari situasi dan kondisi di lapangan. Wira usaha sebagai alternatif lain untuk mengatasi masalah pekerjaan  kaum difabel ini sangat memerlukan dukungan Pemerintah dan juga pihak-pihak yang terkait untuk  bisa  memberikan pemberdayaan , pelatihan keterampilan dan juga pelatihan wira usaha. Dengan adanya peluang untuk berwira usaha maka mereka tidak lagi  bergantung terhadap lowongan pekerjaan disebuah perusahaan tetapi bisa menciptakan lapangan kerja sendiri buat mereka sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Sebagai contoh Irma Suryati yang sukses menjadi wira usaha di Kebumen berkat dukungan Bupati setempat. Irma juga mempekerjakan kaun difabel untuk melaksanakan usahanya tersebut. Jadi mereka yang sudah berhasil menjadi wirausaha dapat memberi pekerjaan kepada sesama difabel lainnya.

Banyak contoh kaum difabel yang tetap berprestasi, berkarya bahkan bisa memberika sumbangsih bagi anak negeri  ditengah keterbatasan fisik mereka dan tidak mengandalkan mencari pekerjaan ditempat lain melainkan membuka usaha sendiri bahkan melakukan proyek sosial kemanusiaan di bidang pendidikan. Ade Irawan seorang pianis tuna netra yang sudah manggung di Chicago Amerika dan juga Java Jazz di Jakarta. Irma Suryati yang sukses menjadi wira usaha di Kebumen berkat dukungan Bupati setempat. Pada suatu acara talk show di sebuah stasiun TV swasta, saya juga menonton 3 orang difabel yan masih tetap bisa  berkarya dan bahkan memberikan inspirasi bagi banyak orang.  Muhamad Bakrie, Fitri Nugrahaningrum, dan Angkie Yudistia yang dengan keterbatasan fisik atau difabel ini mereka dapat  memberikan sumbangsihnya kepada sesama kaum difabel dan juga membantu mengentaskan kebodohan bagi anak-anak yang kurang mampu dan anak jalanan (kickandy.com). Mereka bisa mandiri dengan mendirikan sekolah dan perusahaan yang sifatnya non propit untuk membantu sesama kaum difabel.

Dengan memberikan banyak alternatif dan kesempatan yang seluas-luasnya bagi kaum difabel untuk tetap bisa hidup mandiri, produktif, berkarya dan berprestasi  tentunya akan sangat membantu mereka untuk menemukan dan meraih  apa yang  impian , cita-cita dan juga harapan dan membuat mereka tetap merasa menjadi pribadi yang bermanfaat ditengah keterbatasan fisik mereka . Semoga kaum difabel tidak lagi merasa mengalami  lagi diskriminasi dan ekslusi serta mendapatkan kebebasan yang seluas-luasnya dan kesamaan hak bagi kaum Difabel di dalam segala bidang baik itu politik, pendidikan, sarana umum, pekerjaan dan lain sebagainya. Selamat Hari Difabel Internasional











9 komentar:

  1. kak, klo ada loker tuk difabel share ya :) need a job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. thanks, teman tolong kabari aku ya, aku juga difabel. apabila ada bantuan untuk usaha kepada saya tolong hub, saya di 021-93412234, nama saya miswanto penyandang difabelitas, saya ingin sekali wirausaha, keahlian saya bisa service komputer

    BalasHapus
  3. sop tolong dong klo ada bantuan untuk difabel di kabari soale aku lom prnah dpt bantuan jangankan bantuan krtu sehat untuk brobat sja ga dpt padahal aku juga warga negara indonesia tapi kok kaya ga adil punya kwajiban yg sama tapi haknya beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada kesambatan untuk dpt bantuan entah modal ato alat no hp ku 085742335444

      Hapus
  4. Ass nama saya basis musolih usaha saya bidang kompeksi tinggal di tangerang kalo ada kaum disabel yg berminat bekerja saya siap menampung sesuai kemampuan dan kapasitas saya di bidang jait menjahit catatan siap kerja keras dan ulet trim wasalam

    BalasHapus
  5. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN Eksotis. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. karina bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Ibu karina melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721- 592 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  6. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  7. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus