Senin, 08 Oktober 2012

Belajar dari sebuah kekalahan

Tulisan ini saya tulis pada akhir tahun lalu dan telah saya bagikan melalui akun facebook saya. Dan kembali saya bagikan di blog pribadi saya.

Indonesia Kalah... walaupun telah didukung oleh puluhan bahkan ratusan juta penduduk Indonesia, yang menonton secara langsung atau  melalui media TV. Tak kurang dukungan doa dan semangat yg diberikan, harapan dan keinginan kuat dari pemain dan supporter tergambar jelas. Tetapi Indonesia tetap kalah. Tuhan tidak menjawab doa rakyat Indonesia. Apakah itu buruk dan akhir dari sepakbola Indonesia? Tentu Tidak, ada pelajaran yang ingin diberikan dari Tuhan kalau kita bisa menyikapinya dengan baik.
 
Demikian juga dengan ketika doa kita belum atau tidak dijawab, ada sesuatu pelajaran,ada sesuatu didalam diri kita yang harus diselesaikan entah itu dalam bentuk pemulihan ataupun pembentukan karakter. Setiap hal yang terjadi baik yang kita inginkan ataupun tidak, pasti ada maksud tertentu yg dapat kita petik pelajarannya. Seperti dari kekalahan timnas Indonesia dapat kita petik pelajaran bahwa kemenangan adalah Anugrah. Sebesar apapun usaha,doa,harapan dan keinginan hanya dapat digenapi oleh Tangan Kuat Tangan Tuhan yang menjadi penentu hasil. 

Usaha adalah milik kita tetapi hasil adalah kedaulatan Tuhan.
Adalah anugrah apabila doa kita dijawab seperti yang kita inginkan, tetapi tidak ,itu bukan akhir dari segalanya, karena Dia tahu yg terbaik. Tetap berusaha, berdoa,berserah pada kedaulatan NYA daLam Rencana NYA didalam hidup kita.Tetap harapkan yg terbaik dalam hidup dengan bekerja bersama - sama dengan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar