Hidup sudah susah jangan bikin runyam
kita santai saja wow...wow...
Apa yang kau kata, apa yang kau rasa
Kamu bilang apa, semua bilang apa
Ku hanya bisa berkata , emang gue pikirin...
Sepenggal syair dari lagu maia menemani saya yang sedang membuat tulisan Aku dan PLN. Betapa musik dengan lagu-lagunya yang saya dengar dapat menambah semangat dan memberi ide-ide dalam melakukan aktivitas termasuk untuk membuat tulisan ini.
Mengutip syair lagu tadi," hidup sudah susah jangan bikin runyam," betapa saat ini kita juga menginginkan segala kemudahan dalam segala hal. Paling tidak segala sesuatu yang bisa dipermudah kenapa harus dibuat sulit. Kitapun semakin dipermudah dengan kemajuan teknologi dengan penemuan alat-alat seperti komputer, laptop, ipad, iphone, telepon seluler, telpon pintar (smart phone). Alat-alat tersebut sangat dekat dengan kehidupan kita sebagai sarana komunikasi, untuk hiburan atau juga untuk kepentingan pekerjaan kita. Pekerjaan rumah tanggapun dipermudah dengan alat-alat seperti mesin cuci, penanak sekaligus penghangat nasi (magic com), setrika listrik, penyedot debu, dan lain-lain. Penemuan alat-alat canggih yang diperuntukan baik untuk rumah tangga, perkantoran, industri dan lain-lain mempermudah kita dalam melakukan semua aktivitas kita sehari-hari hampir disemua bidang. Tetapi untuk bisa mengoperasikan alat-alat tersebut diperlukan listrik. Listrik yang pada awalnya digunakan pada lampu untuk memberi penerangan kemudian berkembang setelah semakin majunya teknologi. Tak dapat dibayangkan kalau seandainya pasokan listrik sudah tidak ada lagi. Hal ini menunjukan betapa kita sangat tergantung dengan pasokan listrik, dan juga dapat diartikan secara tidak langsung listrik mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dan ini juga menunjukan betapa kami semua pengguna listrik amat sangat bergantung kepada PLN sebagai penyedia listrik.
PLN saat ini melayani 48 juta pelanggan dan berkomitmen kuat untuk menciptakan PLN bersih dan menciptakan good coorporate governance. Untuk mengupayakan hal tersebut PLN juga sudah melakukan program-program dengan melakukan serangkaian workshop dan survei yang diharapkan dapat meningkatkan praktek tata kelola perusahaan yang baik dan anti korupsi. Secara umum saya berharap PLN dapat menerapkan program-program secara nyata dapat dilaksanakan dilapangan secara detail dan dikontrol dengan sangat baik oleh PLN. Informasi, layananan atau program-program dapat lebih disosialisasikan secara menyeluruh ke lapisan masyarakat tidak hanya melalui internet tapi juga TV, radio, atau secara langsung mendatangi konsumen disesuaikan dengan kondisi pelanggan ,supaya semua pelanggan dapat mengetahui program -program PLN dan juga supaya stigma lama yang masih ada di masyarakat terlebih tentang sulitnya untuk pemasangan baru dan penambahan daya termasuk birokrasinya dapat lambat laun dihapuskan. Saya berharap praktek-praktek kecurangan dan korupsi di dalam pelayanan ataupun penyediaan listrik dapat ditindak tegas dan dituntaskan. Supaya PLN juga dapat cepat tanggap mengatasi setiap keluhan pelanggan dan menindak tegas oknum yang merugikan pelanggan PLN. Secara khusus saya mengharapkan agar :
1. Frekwensi Listrik padam semakin jarang
Siapa sih yang tidak jengkel bila sedang asyik nonton serial kegemaran kita di TV listrik padam, sedang menyetrika listrik padam, sedangkan pakaian yang harus disetrika setinggi gunung, sedang mencuci listrik padam atau ketika sedang mengerjakan laporan dikantor listrik padam
padahal laporan itu harus segera diselesaikan dan banyak
lagi aktivitas kita yang terganggu dan terhambat gara – gara padamnya aliran
listrik. Listrik padam berarti gelap gulita terlebih kalau malam hari, Hal – hal tersebut diatas hanyalah
beberapa contoh betapa sering kita menjadi jengkel dan uring – uringan karena listrik padam , bukan
hanya karena aktivitas dan ruang gerak
kita yang terbatas tetapi juga karena
suasana kegelapan itu sangat
tidak menyenangkan terlebih di malam hari. Walaupun masih bisa digunakan sarana alternatif
seperti genset tetapi tidak semua pelanggan mempunyai alat tersebut dan penggunaanya juga
mengeluarkan biaya tambahan yang lebih
tinggi dibandingkan dengan penggunaan listrik dari PLN. Dibanding dengan beberapa tahun yang lalu
terlebih ketika terjadi krisis pasokan listrik,
dimana seringkali terjadi pemadaman bergilir untuk waktu yang lama tiap
kali pemadaman, saat ini berdasarkan apa yang saya lihat dan saya rasakan di
wilayah saya pemadaman listrik sudah cukup jarang terjadi . Harapan saya dan kita semua tentunya hal ini
juga terjadi di seluruh wilayah Indonesia dan wilayah kerja PLN. Harapan Saya
juga supaya PLN dapat menekan seminimal mungkin frekwensi listrik padam dan juga lama pemadaman untuk tiap kali
listrik padam jangan terlalu lama. Pemadaman hanya dilakukan untuk alasan yang
tepat misalnya karena perbaikan ,pemeliharaan alasan keamanan misalnya gangguan trafo, gardu terbakar dan gangguan-gangguan tersebut dapat diminimalisir.
2. Biaya listrik yang murah terjangkau
Saya berharap PLN memberikan tarif murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Saya berharap untuk tahun-tahun mendatang terlebih dengan semakin banyak dikembangkanya sumber energi alternatif bukan BBM sebagai pembangkit listrik. Seperti penggunaan PLTS super hemat energi ( SEHEN) Mandiri khususnya dikawasan timur Indonesia sejak tahun 2010 seperti di Biak, Rote dan daerah bagian timur lainya. Rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTM), Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pengoperasian Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah ( SKLTM) 20 kV di NTB , pembangkit listrik panas bumi (PLTP) dan sumber energi baru terbarukan lainnya dapat menyediakan pasokan listrik yang terus menerus dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat.
3. Respon cepat dan tanggap
Respon yang meliputi respon dalam pemasangan baru, penambahan daya dan terlebih lagi bila ada gangguan , PLN segera bertindak sehingga tidak tejadi pemadaman listrik yang lama yang akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi pelanggan. Kadang-kadang supaya mereka tidak usah mununggu lama dalam pemasangan baru maupun menambah daya dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meminta biaya yang tidak sesuai dengan biaya yang ditetapkan oleh PLN. Untuk pemasangan dan penambahan daya PLN dapat memberikan jangka waktu yang pasti berapa lama proses supaya pelanggan sudah dapat dilakukan pemasangan listrik ataupun penambahan daya. Proses pemasangan baru dan penambahan daya bisa dilakukan online tapi perlu dipertimbangkan bagi pelanggan yang belum bisa mengakses internet karena alasan-alasan tertentu. Supaya birokrasinya dipermudah dan bebas dari pungutan-pungutan liar.
4. Keamanan
Pemeliharaan dan pengecekan gardu listrik, tiang listrik , kabel - kabel dan peralatan lainnya harus dilakukan secara rutin terus menerus termasuk penggantian alat-alat yang sudah tidak layak pakai supaya tidak membahayakan dan menyebabkan terjadinya kebakaran. Juga termasuk pemasangan dan penempatan alat tersebut yang tidak mengganggu kenyamanan dan juga harus aman.
2. Biaya listrik yang murah terjangkau
Saya berharap PLN memberikan tarif murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Saya berharap untuk tahun-tahun mendatang terlebih dengan semakin banyak dikembangkanya sumber energi alternatif bukan BBM sebagai pembangkit listrik. Seperti penggunaan PLTS super hemat energi ( SEHEN) Mandiri khususnya dikawasan timur Indonesia sejak tahun 2010 seperti di Biak, Rote dan daerah bagian timur lainya. Rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTM), Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pengoperasian Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah ( SKLTM) 20 kV di NTB , pembangkit listrik panas bumi (PLTP) dan sumber energi baru terbarukan lainnya dapat menyediakan pasokan listrik yang terus menerus dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat.
3. Respon cepat dan tanggap
Respon yang meliputi respon dalam pemasangan baru, penambahan daya dan terlebih lagi bila ada gangguan , PLN segera bertindak sehingga tidak tejadi pemadaman listrik yang lama yang akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi pelanggan. Kadang-kadang supaya mereka tidak usah mununggu lama dalam pemasangan baru maupun menambah daya dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meminta biaya yang tidak sesuai dengan biaya yang ditetapkan oleh PLN. Untuk pemasangan dan penambahan daya PLN dapat memberikan jangka waktu yang pasti berapa lama proses supaya pelanggan sudah dapat dilakukan pemasangan listrik ataupun penambahan daya. Proses pemasangan baru dan penambahan daya bisa dilakukan online tapi perlu dipertimbangkan bagi pelanggan yang belum bisa mengakses internet karena alasan-alasan tertentu. Supaya birokrasinya dipermudah dan bebas dari pungutan-pungutan liar.
4. Keamanan
Pemeliharaan dan pengecekan gardu listrik, tiang listrik , kabel - kabel dan peralatan lainnya harus dilakukan secara rutin terus menerus termasuk penggantian alat-alat yang sudah tidak layak pakai supaya tidak membahayakan dan menyebabkan terjadinya kebakaran. Juga termasuk pemasangan dan penempatan alat tersebut yang tidak mengganggu kenyamanan dan juga harus aman.
Akhir kata saya mengucapkan selamat hari listrik nasional dan semoga PLN dapat menjadi PLN yang bersih, bebas korupsi dan dapat menegakan good coorporate governance. Bersinarlah terus menerangi bumi pertiwi Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar