Minggu, 07 Oktober 2012

KPK atau POLRI ?


Sabtu sore tadi  saya duduk manis di depan televisi bermaksud untuk menonton acara favorit saya Oprah winfrey Show di salah satu stasiun televisi nasional. Karena sudah lama tidak menonton acara tersebut saya tidak tahu kalau acara tersebut sudah ditayangkan pada pukul 14.00 WIB.  Sayapun berpindah – pindah dari saluran TV  ke saluran TV lain mencari tontonan yang menarik.  Menonton sinetron, tidak masuk dalam agenda saya.  Bukan karena saya anti sinetron Indonesia, saya dulu pernah menyukai beberapa sinetron Indonesia,  tetapi karena memang ceritanya tidak menarik, bertele – tele bahkan ada yang ceritanya mengambil dari serial drama korea , entah itu jiplakan atau sudah meminta izin dari pihak sana atau malahan karena kebetulan saja. Yang jelas sebagai penonton saya sering  geregetan  dan emosi sendiri bila menonton sinetron Indonesia bukan karena bagus tapi karena tidak bagus dan bila dibandingkan dengan drama korea, sinetron Indonesia sangat menyedihkan sekali. 
Sayapun mencari acara lain yang ringan dan segar untuk ditonton dan ada acara berita. Acara berita sebetulnyapun tidak menarik perhatian saya saat itu.  Saya suka menonton berita sesekali tetapi tidak terlalu mengikuti secara terus menerus  karena saya suka capek mendengar berita – berita yang kebanyakan tentang korupsi.  Korupsi pengadaan ini , pengadaan itu,  korupsi di lembaga ini,  lembaga itu ,  anggota dewan ini, anggota dewan itu, tersangka korupsi yang melarikan diri, terdakwa korupsi yang di vonis ringan,  fasilitas mewah terpidana korupsi dan lain sebagainya.  
 Saya sering geregetan mendengar berita tentang mereka betapa semena – menanya para koruptor mengambil uang rakyat dengan memanfatkan jabatan dan kekuasaan yang diembannya sementara  kita rakyat biasa susah payah bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari  - hari.  Dari pada geregetan sendiri dan tak ada gunanya juga,  toh sudah ada pihak yang berwenang yang mengurusinya,  sebagai rakyat biasa saya dan kita semua cuma bisa berharap agar semua kasus korupsi dapat diselesaikan dengan baik dan tuntas oelh pihak – pihak terkait. Semakin banyak kasus yang bisa diungkap oleh KPK maka kita semua berharap bahwa kasus korupsi dapat diberantas dan Pemerintahan dapat dijalankan secara bersih demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Lalu sayapun mencari acara lain yang lebih menarik, tetapi beberapa kali pindah saluran TV, kebetulan sama – sama menayangkan acara berita dan topiknya sama mengenai upaya penangkapan penyidik KPK dan berita ini menimbulkan rasa ingin tahu saya karena selama ini saya membaca berita tentang kinerja KPK yang cukup baik .  Didalam acara tersebut ditampilkan wakil dari KPK kemudian wakil dari POLRI dan seorang pengamat politik.
 Disini saya tidak bermaksud membahas atau memberi opini tentang kasus tersebut karena bukan kapasitas saya dan biarlah pihak yang berwenang dan yang berkompeten yang mengusutnya. Tetapi yang menarik perhatian saya adalah pernyataan seorang pengamat politik dalam acara tersebut yang menyatakan selamatkan KPK selamatkan POLRI.  Kemudian ada pertanyaan dari pembawa acara TV tersebut kepada wakil KPK yang menyatakan  bahwa ada 28 penyidik KPK adalah anggota POLRI yang ditugaskan di KPK.  Sebagai warganegara biasa  dan tidak terlalu paham tentang hal tersebut yang  menggelitik di pikiran saya adalah apa salahnya kalau anggota  POLRI menjadi penyidik KPK? karena mereka juga mendapat penugasan untuk jabatan tersebut  toh sama – sama mengabdi pada negara? Bukankah harus ada kerjasama antar institusi negara demi kepentingan rakyat? Kalau seandainya penyidik – penyidik  KPK yang berasal dari POLRI tersebut mempunyai kinerja yang baik di KPK bukankah POLRI seharusnya bangga karena penyidik – penyidik KPK tersebut adalah mantan POLRI ?   Dan demi terselesaikanya kasus – kasus korupsi yang ditangani oleh para penyidik tersebut maka bukankah mereka harus tetap di KPK?  Jadi saya sangat setuju dengan pernyataan  yang menyatakan “ selamatkan KPK “  dan selamatkan POLRI karena  Kedua institusi tersebut, masing – masing mempunyai fungsi dan tugas di dalam masyarakat sehingga harus terus dijaga.  Semoga  KPK dan POLRI dapat menjalankan fungsi dan tugas mereka masing – masing  dengan baik , semakin memperbaiki citra dan kinerja masing – masing dan terlepas dari perseteruan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar